Sunday 1 May 2011

Soda Kue

Ternyata eh ternyata ada banyak manfaat si bubuk putih ini... Ga cuman buat dunia per-kue-an, bisa juga dipakai buat pembersih...

Kalo buat kue, baking soda atawa soda kue, bisa berfungsi sebagai pengembang karena saat proses masak-memasak, soda kue (natrium bikarbonat) melepaskan unsur karbondioksida. Nah, ini yang bikin kue ngembang.

Kadang ada yang bingung antara baking soda dengan baking powder. Adakah mereka sama? Ternyata tidak sodara-sodara. Baking powder adalah baking soda yang ditampahi unsur lain seperti cream of tar tar, bahan pengering, dan lain sebagainya.

Bedanya adalah pada tekstur kue yang dihasilkan. Pake baking soda bisa menghasilkan kue dengan pori besar sedikit remah. Biasanya pada kue yang ada buah-buahnya. Sebaliknya, baking powder menghasilkan kue dengan tekstur pori kecil banyak remah. (source: disini).

Lalu apa manfaat lain soda kue/baking soda ini?

- Bisa jadi pembersih
Misalnya pada wastafel yang terbuat dari aluminium. Kadang ada kerak yang membandel mungkin sisa makanan yang dah lama nangkring di sono, bisa dibersihkan dengan mencampurkan 2sdm soda kue ke 1/2 elas air perasan jeruk nipis. Siram ke seluruh bagian wastafel yang berkerak, diamkan lalu bersihkan deh pake sabun. InsyaAlloh bersih seperti semula jadi, hehe ^^ (source: disini, baca juga ini).

- Penghilang bau pesing pada popok
Nah, yang ini baru tau... Selain pake asam sitrat (dari sari jeruk/lemon), soda kue juga bisa dimanfaatkan. Pengalaman saya: Rendam sekitar 1 sendok teh ke dalam 10L air bersama detergent. Sepertinya masih aman-aman aja, dan baunya ilang! Alhamdulillaah.... ^^

No comments: