Saturday 25 June 2011

Kurir oh Kurir

Dalam urusan jual beli ada dua jenis hal yang diperrdagangkan. Barang dan atau jasa. Mengapa saya menggunakan kata sambung 'dan'? Karena ternyata dalam menjual barang tidak sekedar memberikan produk berkualitas, tapi juga jasa kecepatan pengiriman.

Beberapa bulan terakhir ini, saya sudah mulai berkutat dengan online shop (walo lebih banyak jadi pembeli, hehe). Dan saya sedikit mengamati beberapa kinerja jasa pengiriman barang. Ada beberapa yang sudah saya (terpaksa) pakai, karena yang njual provide-nya itu. Dan yang paling mengesalkan ada beberapa.. Cuman satu yang menurut saya T-O-P_B-G-T, hanya saja muahhall... Yah, sebanding lah dengan pelayanan yang diberikan.

Ada dua jasa pengiriman yang bagi saya ngebetein. Yakni jasa pengiriman yang memanfaatkan trayek armada bus yang mereka miliki. Udah lebih mahal dari T-O-P_B-G-T, tapi nyampenya lebih lama dari T-O-P_B-G-T... Sampe2 leher ini rasanya gondok 10 senti.

Walopun yang ngirim jasa ekspedisi, tapi bagi customer, kadang yang disalahin klo nyampe nya lama adalah kita si penjual. "Ngapain pake yang entu siy? Napa ga pake yang ini?"

Jadi ingat tentang tiga variabel. Murah. cepat, dan bagus.
Kalo pengen murah dan cepat, belum tentu bagus. Klo mau murah dan bagus belum tentu bisa cepat. Kalo mau cepat dan bagus, ga bisa murah..

Tapi sayangnya si T-O-P_B-G-T bikin kecewa. Di iklan koran disampaikan 'Antar jemput alamat'. Tapi ditunggu seharian, ga muncul2. Ditelpon ke kantornya, dengan anteng dijawab besok. Ditelpon lagi tadi dibilang nanti... Baru ini celanya. Klo masalah pengiriman, OK. Dengan tarif ekonomi saja bisa nyampe 2hari...

Begitulah sinergi antara penjual dan jasa ekspedisi musti klop.. Ato bagusnya si penjual ngasih tau ke pembeli saya pake yg ini gimana? Klo pembeli setuju, berarti sama2 terima konsekuensinya...

Source gambar: transmotorkurir.blogspot.com

2 comments:

wahyudi said...

he..he.berbisnis online memang seru..dan menantang...see you at the TOP.

iLma said...

he..he... begitulah pak. dan saya pun mulai patah semangat. mungkin strategi yg kurang jitu...