Wednesday 18 February 2009

Ih, Sombong Sekali

Beberapa waktu yang lalu, aku dicap sombong oleh seorang teman kerja.
Waktu itu, aku hendak pulang kerja. Dari kejauhan kulihat sesosok perempuan. Sepertinya wajahnya mengarah kepadaku. Tapi aku pasang tampang lelah sehabis bekerja. Begitu papasan, dia bilang, "Ih, mbak Ilma sombong! Dari tadi aku senyam-senyum sampe gigi ini dah kering."

Aku yang ga merasa diliatin dan disenyumin cuman bisa bengong beberapa saat, hingga akhirnya bicara, "Maaf, saya 'butaaa'...."

Begitulah, nasib orang yang 'buta' tapi pura-pura bisa melihat dengan jelas.

Pernah juga kejadian, suami kakakku pulang kerja. Dia klaksonin aku dari jauh, tapi berhubung aku rabun jauh, jadi ga merasa dipanggil. Sehingga, cuek-cuek aja.

Sampe di rumah, aku 'dimarahin' habis-habisan sama kakak.

"Kalo jalan itu jangan bengong. Masa tadi Bang Dedi dah klakson, plus manggil, ga nyahut?"

Aku cuman bisa tersenyum. Ya, bener juga sih. Kadang aku kalo jalan, suka mikir sesuatu. Tentang cerpenlah, puisilah, novellah, artikellah, postingan bloglah, Liverpoollah, keluarga di Padanglah, buku yang mau dibelilah, utang-utanglah, perlu atau ga beli baju barulah, apalah... Hhhh.. banyak sekali...

Kakakku yang lain juga protes. Waktu itu mereka ngaku udah dadahin aku bareng anak-anaknya dari jauh. Maksudnya mau nyombong, minjem motor Bang Dedi buat beli bakso. Reaksiku diam, sambil mata tetap menatap lurus ke depan. Udah senja. Loh, apa hubungannya?

Nyampe di rumah, jadi 'bulan-bulanan' lagi. Dan aku cuman ketawa. Kalo diingat sekarang, kenapa waktu itu aku ga pake alasan bahwa aku ga liat karena 'buta' ya?

Hhhh... hikmah cerita, jadilah dirimu apa adanya. Kalo mata sakit, pake kacamata. Kenapa aku ga mau pake kacamata? Alasannya sederhana, males. Soalnya, ga sembuh-sembuh juga. Mending kaga usah pake aja...

No comments: